MAKALAH PERUSAHAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN




MAKALAH PERUSAHAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Diajukan sebagai tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis
Dosen : Luki Natika, S.AP.,M.Si


DISUSUN OLEH :
RATNA AFRIANI A1B. 150029


UNIVERSITAS SUBANG
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
ADMINISTRASI BISNIS
Jalan R.A Kartini KM 3 telp (0260)411415 fax (0260)415677







KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT saya panjatkan puji dan syukur atas kehadiranya dan atas segala rahmatnya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang Perusahaan dan Lingkungan  Perusahaan. Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Luki Natika, S.AP.,M.Si sebagai dosen mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis sudah memberikan tugas ini kepada saya sehingga saya lebih tahu tentang perusahaan dan lingkungan perusahaan.
Saya berharap makalah ini dapat menambah wawasan kita mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaannya. Semoga makalah ini dapat dipahami siapapun yang membacanya, semoga makalah ini dapat berguna bagi saya maupun bagi yang membacanya. Sebelumnya saya minta maaf apabila ada kesalahan kata-kata yang kurang berkenan,saya mohon kritik dan saran demi perbaikan dimasa depan.

SUBANG, 16 NOVEMBER 2015


                                                                                      RATNA AFRIANI








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                           i
DAFTAR ISI                                                                                                                          ii-iii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                     1
1.1 LATAR BELAKANG                                                                                                     1
1.2  INDENTIFIKASI MASALAH                                                                                      2
1.3 TUJUAN                                                                                                                          2
BAB II PEMBAHASAN                                                                                                      3
2.1 PENGERTIAN PERUSAHAAN                                                                           3
2.2 PENGERTIAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN                                                4
2.3 LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNA                                                  4-5
2.4 FUNGSI PERUSAHAAN                                                                                     6
2.5 CIRI-CIRI PERUSAHAAN                                                                                  6-7
2.6 TUJUAN PERUSAHAAN                                                                                     7
2.7 PENGERTIAN BISNIS                                                                                         7
2.8 PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS                                                               7
2.9 TUJUAN LINGKUNGAN BISNIS                                                                      7-8
2.10 PERAN LINGKUNGAN BISNIS                                                                                  8-9
2.11 UNSUR-UNSUR SUATU PERUSAHAAN                                                       9-10
BAB III PENUTUP                                                                                                               11
3.1 KESIMPULAN                                                                                                       11
3.2 PENUTUP                                                                                                             12
3.3 DAFTAR PUSTAKA                                                                                            12
 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan bisnis merupakan faktor dari luar lingkup suatu unit  usaha. di mana faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kehidupan. Factor-faktor tersebut meliputi kehidupan-kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik dalam negeri, luar negri, dan lain lain.Lingkungan bisnis juga bisa dilihat dari sisi internal perusahaan itu sendiri. Lingkungan internal menekankan pada hubungan antar fungsi di dalam suatu organisasi bisnis yang harus senantiasa dijaga keharmonisannya agar tidak menimbulkan konflik yang membawa bisnis ke dalam kehancuran atau  kebangkrutan. Bisnis yang dilakukan oleh setiap manusia ada yang berskala besar dan kecil. Yang berskala besar biasanya berbentuk sebuah perusahaan. Perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli (konsumen) sedang diharapkan akan memberikan laba kepada para pemiliknya. Dalam menjalankan usahanya suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, baik aspek sosial, aspek hukum, maupun aspek agama. Namun sekarang ini seringkali perusahaan melupakan mengenai aspek-aspek sosial diantaranya tanpa menghiraukan segala akibat yang timbulkan dari setiap usahanya. Padahal untuk menjaga eksistensi suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, salah satunya yaitu menjaga lingkungan dan kepercayaan konsumen dan atau penduduk sekitar.


1.2  INDENTIFIKASI MASALAH
1.      Apa pengertiaan Perusahaan?
2.      Apa pengertiaan Lingkungan perusahaan?
3.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan internal daan exsternal?
4.      Apa fungsi Perusahaan?
5.      Apa ciri-ciri Per
6.      Apa tujuan perusahaan?
7.      Apa pengertian Bisnis?
8.      Apa pengertian lingkungan bisnis?
9.      Apa tujuan lingkungan bisnis?
10.  Apa peran lingkungan bisnis?
11.  Apa saja unsur-unsur dalam suatu perusahaan?
1.3  TUJUAN
Untuk mengetahui pengertian perusahaan, pengertian lingkungan perusahaan, tujuan perusahaan dan untuk menambah wawasan saya mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaannya.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Dalam UU No. 8 Tahun 1997 tentang dokumen perusahaan, yang dimaksud dengan perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba, baik yang diselenggarakan perseorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah NKRI.
Dalam UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, yang dimaksud perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah NKRI untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.
Sedangkan menruut Molengraf dalam bukunya Saliman, yang dinamakan perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk mendapatkan penghasilan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan (Abdul Rasyid Saliman, 2005; 81)
2.2 Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan secara luas mencakup  semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
Faktor-faktor yang berpengaruh dalam lingkungan perusahaan:                                                       1.   Lingkungan Fisik, Energi, dan Konservasi                                                                               Di lingkungan fisik berdampak negatif yaitu terjadinya pencemaran udara, pencemaran air, atau pencemaran sampah. Dari sumber energi dan konservasi perusahaan harus melakukan penghematan energi dan konservasi energi yang akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada untuk jangka panjang.                                                                                               2.  Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan                                                                                                       Kota sebagai industri yang banyak memberikan lapangan pekerjaan dan menjadi daerah pemasaran. Berdirinya perusahaan dapat meningkatkan penghasilan pemerintah melalui pembayaran pajak.                                                                                                                                           3. Lingkungan Hukum                                                                                                                              Kegiatan perusahaan  berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.                                        4. Lingkungan Pemerintah                                                                                                                       Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.                                                                                                                                                                                         5.  Lingkungan Internasional                                                                                                                              Merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian. Kekuatan ekonomi Negara-negara tersebut di dukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan internasional, yaitu membuat barang dan jasa untuk melayani konsumen di seluruh dunia.
2.3 Lingkungan Internal dan Exsternal
A. Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah kejadian dan kecenderungan dalam suatu organisasi yang mempengaruhi manajemen, karyawan dan budaya organisasi.
Yang termasuk lingkungan internal adalah :
a.    Tenaga kerja
b.    Peralatan dan mesin
c.    Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
d.   Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
B. Lingkunan Exsternal
Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001; 51)
lingkungan eksternal terbagi menjadi 2 :
a.    Lingkungan ekstern mikro, merupakan unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus. Lingkungan ekstern mikro terdiri dari :
-       Pelanggan (customer)
-       Pesaing (competitors)
-       Pemasok (supplier)
-       Perwakilan-perwakilan pemerintah
-       Lembaga keuangan
b.    Lingkungan ekstern makro, yang merupakan unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum. Lingkungan ekstern makro terdiri dari :
-       Ekonomi
-       Teknologi
-       Politik hukum
-       Sosial budaya.



2.4 Fungsi Perusahaan
1.         Fungsi operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan, fungsi operasi penunjang.
2.  Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan.
2.5 Ciri-ciri Perusahaan
1.Operatif                                                                                                                                                 Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
2.Koordinatif                                                                                                                                       Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. Regular                                                                                                                                                    Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
4. Dinamis                                                                                                                                                 Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
5.Formal                                                                                                                                                                Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
6.Lokasi                                                                                                                                                        Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
7.Pelayanan Bersyarat                                                                                                                             Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
2.6 Tujuan Perusahaan
Tujuan Pendirian Perusahaan di bedakan menjadi 2, yaitu :
a. Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b.Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat.
2.7 Pengertian Bisnis
Bisnis adalah  kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
2.8 Pengertian Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis adalah faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (interen), namun juga dari luar (eksteren)
2.9 Tujuan Lingkungan Bisnis
Menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktifitas yang dilakukan.
Namun dalam jangka panjang tujuan lingkunan perusahaan bukan hanay untuk memenuhi kebutuhan konsumen tetapi masih banyak hal yang igin dicapai pembisnis yaitu:
1. Market Standing yaitu pengusaha pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk   memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk barang atau jasa serta inovasi keahliaan.
3. Physial and financial resources yaitu perusahaan  memiliki tujuan penguasan terdapat    sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance dan development yaitu manager merupakan orang yang secara operasional bertangjung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi.untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manger perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Public Responsibility yaitu bisnis harus memiliki tanggung jawab social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapan kerja dan lainnya.
6. Worker performance and Attitude yaitu untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
2.10 Peran Lingkungan Bisnis
a. Peran berorrientasi terhadap kebijakan peran pertama ditunjukan untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis terutama dalam hal memahami berbagai kecenderungan perubahan lingkungan. Peranan memberikan informasi awal dan reaksi organisasiterhadap isu strategis yang luas yang dapat mempengaruhi organisasi seecara keseluruhan. Kelemahan dari peranan ini adalah kurang tertekstur sedangkan hubungan antara proses analisis lingkungan bisnis terhadap perencanaan organisasi formal bersifat invormal dan tidaak langsung.
b. Peranan berorientasi pada perencanaan strategis bisnis terpadu secara umum peranan mempersiapkan peramalan lingkungan bisnis guna memperoleh asumsi dasar tenntang perencanaan organisasi bisnis dan menyediakan informasi tentang lingkungan bisnis yang releven.
c. Peranan berorientasi fungsi untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis melalui kinerja fungsi secara spesifik.
2.11 Unsur unsur suatu Perusahaan
Dari beberapa pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
1.Badan Usaha                                                                                                                                           Bentuk legalitas sebuah badan usaha adalah mendapatkan ijin dari negara dengan dibuatnya kata pendirian perusahaan yang disahkan oleh institusi terkait. Setelah disahkan oleh instansi terkait, maka badan usaha tersebut mendapatkan status badan hukum
2.Kegiatandalam Bidang Usaha atau Ekonomi                                                                                        Kegiatan dalam bidang ekonomi ini, bisa berupa menghasilkan barang (produk) dan bisa berupa jasa. Kedua bentuk kegiatan ekonomi ini tidak boleh bertentangan dengan norma kesusilaan, tidak bertentangan dengan kepentingan umum, dan tidak boleh melawan hukum.
3.    Terus-menerus                                                                                                                                     Maksud dari terus menerus ini adalah kegiatan ekonomi tersebut dilakukan secara terus menerus tanpa henti sampai jangka waktu yang telah ditetapkan dalam akta pendirian maupun dalam surat ijin usaha perusahaan
4.    Terang-terangan                                                                                                                                       Maksud dari terang-terangan adalah dengan adanya pengakuan dari pemerintah dengan mengesahkan anggaran dasar yang termuat dalam akta pendirian setrta diterbitkannnya surat ijin usaha.
5.    Mencari Keuntungan atau Laba                                                                                                             Perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, asalkan perolehan keuntungan tersebut legal dan sesuai dengan ketentuan UU.
6.    Melakukan Pembukuan                                                                                                                 Pembukuan dalam perusahaan merupakan kewajiban yang dilakukan perusahaan, karena telah diatur dalam KUHD, namun istilah pembukuan ini berubah menjadi dokumen perusahaan setelah keluar UU No. 8 Tahun 1997. Adapun dokumen perusahaan terdiri dari 2 macam :
a. Dokumen keuangan, terdiri dari catatan, bukti pembukuan dan data administrasi keuangan yang merupakan bukti adanya hak dan kewajiban serta kegiatan usaha suatu perusahaan.
b. Dokumen lainnya, terdiri dari data atau setiap tulisan yang berisi keterangan yang mempunyai nilai guna bagi perusahaan meskipun tidak terkait langsung dengan dokumen   keuangan.


















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari hasil pembahasan tentang perusahaan dan lingkungan perusahaan saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Perusahaan adalah suatu organisasi produksi atau bentuk usaha yang menjalankan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan.
Dari pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
a.         Badan Usaha
b.        Kegiatan dalam Bidang Usaha atau Ekonomi
c.         Terus-menerus
d.        Terang-terangan
e.         Mencari Keuntungan atau Laba
f.         Melakukan Pembukuan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.
Perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus berdasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.



3.2 Penutup
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaan, masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Saya berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya untuk memperbaiki kedepannya dalam pembuatan makalah selanjutanya agar lebih baik dari makalah yang saya buat sekarang ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi saya dan bagi  para pembaca.

3.3 Daftar Pustaka
Widyasravishta.wordpress.com/2011, belajarsastra.com>home, westbatavia.blogspot.com, setsukomizuka.blogspot.com/2015,sites.geogle.com/document/d/1B4Y10el, www.davishave.com, makalahproposal.blogspot.com



 


  



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan bisnis merupakan faktor dari luar lingkup suatu unit  usaha. di mana faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kehidupan. Factor-faktor tersebut meliputi kehidupan-kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik dalam negeri, luar negri, dan lain lain.Lingkungan bisnis juga bisa dilihat dari sisi internal perusahaan itu sendiri. Lingkungan internal menekankan pada hubungan antar fungsi di dalam suatu organisasi bisnis yang harus senantiasa dijaga keharmonisannya agar tidak menimbulkan konflik yang membawa bisnis ke dalam kehancuran atau  kebangkrutan. Bisnis yang dilakukan oleh setiap manusia ada yang berskala besar dan kecil. Yang berskala besar biasanya berbentuk sebuah perusahaan. Perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli (konsumen) sedang diharapkan akan memberikan laba kepada para pemiliknya. Dalam menjalankan usahanya suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, baik aspek sosial, aspek hukum, maupun aspek agama. Namun sekarang ini seringkali perusahaan melupakan mengenai aspek-aspek sosial diantaranya tanpa menghiraukan segala akibat yang timbulkan dari setiap usahanya. Padahal untuk menjaga eksistensi suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, salah satunya yaitu menjaga lingkungan dan kepercayaan konsumen dan atau penduduk sekitar.


1.2  INDENTIFIKASI MASALAH
1.      Apa pengertiaan Perusahaan?
2.      Apa pengertiaan Lingkungan perusahaan?
3.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan internal daan exsternal?
4.      Apa fungsi Perusahaan?
5.      Apa ciri-ciri Per
6.      Apa tujuan perusahaan?
7.      Apa pengertian Bisnis?
8.      Apa pengertian lingkungan bisnis?
9.      Apa tujuan lingkungan bisnis?
10.  Apa peran lingkungan bisnis?
11.  Apa saja unsur-unsur dalam suatu perusahaan?
1.3  TUJUAN
Untuk mengetahui pengertian perusahaan, pengertian lingkungan perusahaan, tujuan perusahaan dan untuk menambah wawasan saya mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaannya.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Dalam UU No. 8 Tahun 1997 tentang dokumen perusahaan, yang dimaksud dengan perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba, baik yang diselenggarakan perseorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah NKRI.
Dalam UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, yang dimaksud perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah NKRI untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.
Sedangkan menruut Molengraf dalam bukunya Saliman, yang dinamakan perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk mendapatkan penghasilan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan (Abdul Rasyid Saliman, 2005; 81)
2.2 Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan secara luas mencakup  semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
Faktor-faktor yang berpengaruh dalam lingkungan perusahaan:                                                       1.   Lingkungan Fisik, Energi, dan Konservasi                                                                               Di lingkungan fisik berdampak negatif yaitu terjadinya pencemaran udara, pencemaran air, atau pencemaran sampah. Dari sumber energi dan konservasi perusahaan harus melakukan penghematan energi dan konservasi energi yang akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada untuk jangka panjang.                                                                                               2.  Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan                                                                                                       Kota sebagai industri yang banyak memberikan lapangan pekerjaan dan menjadi daerah pemasaran. Berdirinya perusahaan dapat meningkatkan penghasilan pemerintah melalui pembayaran pajak.                                                                                                                                           3. Lingkungan Hukum                                                                                                                              Kegiatan perusahaan  berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.                                        4. Lingkungan Pemerintah                                                                                                                       Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.                                                                                                                                                                                         5.  Lingkungan Internasional                                                                                                                              Merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian. Kekuatan ekonomi Negara-negara tersebut di dukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan internasional, yaitu membuat barang dan jasa untuk melayani konsumen di seluruh dunia.
2.3 Lingkungan Internal dan Exsternal
A. Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah kejadian dan kecenderungan dalam suatu organisasi yang mempengaruhi manajemen, karyawan dan budaya organisasi.
Yang termasuk lingkungan internal adalah :
a.    Tenaga kerja
b.    Peralatan dan mesin
c.    Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
d.   Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
B. Lingkunan Exsternal
Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001; 51)
lingkungan eksternal terbagi menjadi 2 :
a.    Lingkungan ekstern mikro, merupakan unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus. Lingkungan ekstern mikro terdiri dari :
-       Pelanggan (customer)
-       Pesaing (competitors)
-       Pemasok (supplier)
-       Perwakilan-perwakilan pemerintah
-       Lembaga keuangan
b.    Lingkungan ekstern makro, yang merupakan unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum. Lingkungan ekstern makro terdiri dari :
-       Ekonomi
-       Teknologi
-       Politik hukum
-       Sosial budaya.



2.4 Fungsi Perusahaan
1.         Fungsi operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan, fungsi operasi penunjang.
2.  Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan.
2.5 Ciri-ciri Perusahaan
1.Operatif                                                                                                                                                 Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
2.Koordinatif                                                                                                                                       Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. Regular                                                                                                                                                    Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
4. Dinamis                                                                                                                                                 Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
5.Formal                                                                                                                                                                Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
6.Lokasi                                                                                                                                                        Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
7.Pelayanan Bersyarat                                                                                                                             Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
2.6 Tujuan Perusahaan
Tujuan Pendirian Perusahaan di bedakan menjadi 2, yaitu :
a. Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b.Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat.
2.7 Pengertian Bisnis
Bisnis adalah  kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
2.8 Pengertian Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis adalah faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (interen), namun juga dari luar (eksteren)
2.9 Tujuan Lingkungan Bisnis
Menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktifitas yang dilakukan.
Namun dalam jangka panjang tujuan lingkunan perusahaan bukan hanay untuk memenuhi kebutuhan konsumen tetapi masih banyak hal yang igin dicapai pembisnis yaitu:
1. Market Standing yaitu pengusaha pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk   memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk barang atau jasa serta inovasi keahliaan.
3. Physial and financial resources yaitu perusahaan  memiliki tujuan penguasan terdapat    sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance dan development yaitu manager merupakan orang yang secara operasional bertangjung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi.untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manger perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Public Responsibility yaitu bisnis harus memiliki tanggung jawab social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapan kerja dan lainnya.
6. Worker performance and Attitude yaitu untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
2.10 Peran Lingkungan Bisnis
a. Peran berorrientasi terhadap kebijakan peran pertama ditunjukan untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis terutama dalam hal memahami berbagai kecenderungan perubahan lingkungan. Peranan memberikan informasi awal dan reaksi organisasiterhadap isu strategis yang luas yang dapat mempengaruhi organisasi seecara keseluruhan. Kelemahan dari peranan ini adalah kurang tertekstur sedangkan hubungan antara proses analisis lingkungan bisnis terhadap perencanaan organisasi formal bersifat invormal dan tidaak langsung.
b. Peranan berorientasi pada perencanaan strategis bisnis terpadu secara umum peranan mempersiapkan peramalan lingkungan bisnis guna memperoleh asumsi dasar tenntang perencanaan organisasi bisnis dan menyediakan informasi tentang lingkungan bisnis yang releven.
c. Peranan berorientasi fungsi untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis melalui kinerja fungsi secara spesifik.
2.11 Unsur unsur suatu Perusahaan
Dari beberapa pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
1.Badan Usaha                                                                                                                                           Bentuk legalitas sebuah badan usaha adalah mendapatkan ijin dari negara dengan dibuatnya kata pendirian perusahaan yang disahkan oleh institusi terkait. Setelah disahkan oleh instansi terkait, maka badan usaha tersebut mendapatkan status badan hukum
2.Kegiatandalam Bidang Usaha atau Ekonomi                                                                                        Kegiatan dalam bidang ekonomi ini, bisa berupa menghasilkan barang (produk) dan bisa berupa jasa. Kedua bentuk kegiatan ekonomi ini tidak boleh bertentangan dengan norma kesusilaan, tidak bertentangan dengan kepentingan umum, dan tidak boleh melawan hukum.
3.    Terus-menerus                                                                                                                                     Maksud dari terus menerus ini adalah kegiatan ekonomi tersebut dilakukan secara terus menerus tanpa henti sampai jangka waktu yang telah ditetapkan dalam akta pendirian maupun dalam surat ijin usaha perusahaan
4.    Terang-terangan                                                                                                                                       Maksud dari terang-terangan adalah dengan adanya pengakuan dari pemerintah dengan mengesahkan anggaran dasar yang termuat dalam akta pendirian setrta diterbitkannnya surat ijin usaha.
5.    Mencari Keuntungan atau Laba                                                                                                             Perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, asalkan perolehan keuntungan tersebut legal dan sesuai dengan ketentuan UU.
6.    Melakukan Pembukuan                                                                                                                 Pembukuan dalam perusahaan merupakan kewajiban yang dilakukan perusahaan, karena telah diatur dalam KUHD, namun istilah pembukuan ini berubah menjadi dokumen perusahaan setelah keluar UU No. 8 Tahun 1997. Adapun dokumen perusahaan terdiri dari 2 macam :
a. Dokumen keuangan, terdiri dari catatan, bukti pembukuan dan data administrasi keuangan yang merupakan bukti adanya hak dan kewajiban serta kegiatan usaha suatu perusahaan.
b. Dokumen lainnya, terdiri dari data atau setiap tulisan yang berisi keterangan yang mempunyai nilai guna bagi perusahaan meskipun tidak terkait langsung dengan dokumen   keuangan.


















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari hasil pembahasan tentang perusahaan dan lingkungan perusahaan saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Perusahaan adalah suatu organisasi produksi atau bentuk usaha yang menjalankan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan.
Dari pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
a.         Badan Usaha
b.        Kegiatan dalam Bidang Usaha atau Ekonomi
c.         Terus-menerus
d.        Terang-terangan
e.         Mencari Keuntungan atau Laba
f.         Melakukan Pembukuan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.
Perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus berdasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.



3.2 Penutup
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaan, masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Saya berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya untuk memperbaiki kedepannya dalam pembuatan makalah selanjutanya agar lebih baik dari makalah yang saya buat sekarang ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi saya dan bagi  para pembaca.

3.3 Daftar Pustaka
Widyasravishta.wordpress.com/2011, belajarsastra.com>home, westbatavia.blogspot.com, setsukomizuka.blogspot.com/2015,sites.geogle.com/document/d/1B4Y10el, www.davishave.com, makalahproposal.blogspot.com




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan bisnis merupakan faktor dari luar lingkup suatu unit  usaha. di mana faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kehidupan. Factor-faktor tersebut meliputi kehidupan-kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik dalam negeri, luar negri, dan lain lain.Lingkungan bisnis juga bisa dilihat dari sisi internal perusahaan itu sendiri. Lingkungan internal menekankan pada hubungan antar fungsi di dalam suatu organisasi bisnis yang harus senantiasa dijaga keharmonisannya agar tidak menimbulkan konflik yang membawa bisnis ke dalam kehancuran atau  kebangkrutan. Bisnis yang dilakukan oleh setiap manusia ada yang berskala besar dan kecil. Yang berskala besar biasanya berbentuk sebuah perusahaan. Perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli (konsumen) sedang diharapkan akan memberikan laba kepada para pemiliknya. Dalam menjalankan usahanya suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, baik aspek sosial, aspek hukum, maupun aspek agama. Namun sekarang ini seringkali perusahaan melupakan mengenai aspek-aspek sosial diantaranya tanpa menghiraukan segala akibat yang timbulkan dari setiap usahanya. Padahal untuk menjaga eksistensi suatu perusahaan tidak boleh melupakan aspek-aspek dalam usaha, salah satunya yaitu menjaga lingkungan dan kepercayaan konsumen dan atau penduduk sekitar.


1.2  INDENTIFIKASI MASALAH
1.      Apa pengertiaan Perusahaan?
2.      Apa pengertiaan Lingkungan perusahaan?
3.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan internal daan exsternal?
4.      Apa fungsi Perusahaan?
5.      Apa ciri-ciri Per
6.      Apa tujuan perusahaan?
7.      Apa pengertian Bisnis?
8.      Apa pengertian lingkungan bisnis?
9.      Apa tujuan lingkungan bisnis?
10.  Apa peran lingkungan bisnis?
11.  Apa saja unsur-unsur dalam suatu perusahaan?
1.3  TUJUAN
Untuk mengetahui pengertian perusahaan, pengertian lingkungan perusahaan, tujuan perusahaan dan untuk menambah wawasan saya mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaannya.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Dalam UU No. 8 Tahun 1997 tentang dokumen perusahaan, yang dimaksud dengan perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba, baik yang diselenggarakan perseorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah NKRI.
Dalam UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, yang dimaksud perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah NKRI untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.
Sedangkan menruut Molengraf dalam bukunya Saliman, yang dinamakan perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk mendapatkan penghasilan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan (Abdul Rasyid Saliman, 2005; 81)
2.2 Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan secara luas mencakup  semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
Faktor-faktor yang berpengaruh dalam lingkungan perusahaan:                                                       1.   Lingkungan Fisik, Energi, dan Konservasi                                                                               Di lingkungan fisik berdampak negatif yaitu terjadinya pencemaran udara, pencemaran air, atau pencemaran sampah. Dari sumber energi dan konservasi perusahaan harus melakukan penghematan energi dan konservasi energi yang akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada untuk jangka panjang.                                                                                               2.  Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan                                                                                                       Kota sebagai industri yang banyak memberikan lapangan pekerjaan dan menjadi daerah pemasaran. Berdirinya perusahaan dapat meningkatkan penghasilan pemerintah melalui pembayaran pajak.                                                                                                                                           3. Lingkungan Hukum                                                                                                                              Kegiatan perusahaan  berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.                                        4. Lingkungan Pemerintah                                                                                                                       Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.                                                                                                                                                                                         5.  Lingkungan Internasional                                                                                                                              Merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian. Kekuatan ekonomi Negara-negara tersebut di dukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan internasional, yaitu membuat barang dan jasa untuk melayani konsumen di seluruh dunia.
2.3 Lingkungan Internal dan Exsternal
A. Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah kejadian dan kecenderungan dalam suatu organisasi yang mempengaruhi manajemen, karyawan dan budaya organisasi.
Yang termasuk lingkungan internal adalah :
a.    Tenaga kerja
b.    Peralatan dan mesin
c.    Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
d.   Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
B. Lingkunan Exsternal
Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001; 51)
lingkungan eksternal terbagi menjadi 2 :
a.    Lingkungan ekstern mikro, merupakan unsur-unsur tindakan langsung atau lingkungan khusus. Lingkungan ekstern mikro terdiri dari :
-       Pelanggan (customer)
-       Pesaing (competitors)
-       Pemasok (supplier)
-       Perwakilan-perwakilan pemerintah
-       Lembaga keuangan
b.    Lingkungan ekstern makro, yang merupakan unsur-unsur tindakan tak langsung atau lingkungan umum. Lingkungan ekstern makro terdiri dari :
-       Ekonomi
-       Teknologi
-       Politik hukum
-       Sosial budaya.



2.4 Fungsi Perusahaan
1.         Fungsi operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan, fungsi operasi penunjang.
2.  Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan.
2.5 Ciri-ciri Perusahaan
1.Operatif                                                                                                                                                 Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
2.Koordinatif                                                                                                                                       Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. Regular                                                                                                                                                    Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
4. Dinamis                                                                                                                                                 Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
5.Formal                                                                                                                                                                Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
6.Lokasi                                                                                                                                                        Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
7.Pelayanan Bersyarat                                                                                                                             Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
2.6 Tujuan Perusahaan
Tujuan Pendirian Perusahaan di bedakan menjadi 2, yaitu :
a. Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b.Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat.
2.7 Pengertian Bisnis
Bisnis adalah  kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
2.8 Pengertian Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis adalah faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (interen), namun juga dari luar (eksteren)
2.9 Tujuan Lingkungan Bisnis
Menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktifitas yang dilakukan.
Namun dalam jangka panjang tujuan lingkunan perusahaan bukan hanay untuk memenuhi kebutuhan konsumen tetapi masih banyak hal yang igin dicapai pembisnis yaitu:
1. Market Standing yaitu pengusaha pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk   memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk barang atau jasa serta inovasi keahliaan.
3. Physial and financial resources yaitu perusahaan  memiliki tujuan penguasan terdapat    sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance dan development yaitu manager merupakan orang yang secara operasional bertangjung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi.untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manger perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Public Responsibility yaitu bisnis harus memiliki tanggung jawab social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapan kerja dan lainnya.
6. Worker performance and Attitude yaitu untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
2.10 Peran Lingkungan Bisnis
a. Peran berorrientasi terhadap kebijakan peran pertama ditunjukan untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis terutama dalam hal memahami berbagai kecenderungan perubahan lingkungan. Peranan memberikan informasi awal dan reaksi organisasiterhadap isu strategis yang luas yang dapat mempengaruhi organisasi seecara keseluruhan. Kelemahan dari peranan ini adalah kurang tertekstur sedangkan hubungan antara proses analisis lingkungan bisnis terhadap perencanaan organisasi formal bersifat invormal dan tidaak langsung.
b. Peranan berorientasi pada perencanaan strategis bisnis terpadu secara umum peranan mempersiapkan peramalan lingkungan bisnis guna memperoleh asumsi dasar tenntang perencanaan organisasi bisnis dan menyediakan informasi tentang lingkungan bisnis yang releven.
c. Peranan berorientasi fungsi untuk memperbaiki kinerja organisasi bisnis melalui kinerja fungsi secara spesifik.
2.11 Unsur unsur suatu Perusahaan
Dari beberapa pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
1.Badan Usaha                                                                                                                                           Bentuk legalitas sebuah badan usaha adalah mendapatkan ijin dari negara dengan dibuatnya kata pendirian perusahaan yang disahkan oleh institusi terkait. Setelah disahkan oleh instansi terkait, maka badan usaha tersebut mendapatkan status badan hukum
2.Kegiatandalam Bidang Usaha atau Ekonomi                                                                                        Kegiatan dalam bidang ekonomi ini, bisa berupa menghasilkan barang (produk) dan bisa berupa jasa. Kedua bentuk kegiatan ekonomi ini tidak boleh bertentangan dengan norma kesusilaan, tidak bertentangan dengan kepentingan umum, dan tidak boleh melawan hukum.
3.    Terus-menerus                                                                                                                                     Maksud dari terus menerus ini adalah kegiatan ekonomi tersebut dilakukan secara terus menerus tanpa henti sampai jangka waktu yang telah ditetapkan dalam akta pendirian maupun dalam surat ijin usaha perusahaan
4.    Terang-terangan                                                                                                                                       Maksud dari terang-terangan adalah dengan adanya pengakuan dari pemerintah dengan mengesahkan anggaran dasar yang termuat dalam akta pendirian setrta diterbitkannnya surat ijin usaha.
5.    Mencari Keuntungan atau Laba                                                                                                             Perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, asalkan perolehan keuntungan tersebut legal dan sesuai dengan ketentuan UU.
6.    Melakukan Pembukuan                                                                                                                 Pembukuan dalam perusahaan merupakan kewajiban yang dilakukan perusahaan, karena telah diatur dalam KUHD, namun istilah pembukuan ini berubah menjadi dokumen perusahaan setelah keluar UU No. 8 Tahun 1997. Adapun dokumen perusahaan terdiri dari 2 macam :
a. Dokumen keuangan, terdiri dari catatan, bukti pembukuan dan data administrasi keuangan yang merupakan bukti adanya hak dan kewajiban serta kegiatan usaha suatu perusahaan.
b. Dokumen lainnya, terdiri dari data atau setiap tulisan yang berisi keterangan yang mempunyai nilai guna bagi perusahaan meskipun tidak terkait langsung dengan dokumen   keuangan.


















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari hasil pembahasan tentang perusahaan dan lingkungan perusahaan saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Perusahaan adalah suatu organisasi produksi atau bentuk usaha yang menjalankan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan, dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-banrang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan.
Dari pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi:
a.         Badan Usaha
b.        Kegiatan dalam Bidang Usaha atau Ekonomi
c.         Terus-menerus
d.        Terang-terangan
e.         Mencari Keuntungan atau Laba
f.         Melakukan Pembukuan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.
Perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus berdasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.



3.2 Penutup
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai perusahaan dan lingkungan perusahaan, masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Saya berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya untuk memperbaiki kedepannya dalam pembuatan makalah selanjutanya agar lebih baik dari makalah yang saya buat sekarang ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi saya dan bagi  para pembaca.

3.3 Daftar Pustaka
Widyasravishta.wordpress.com/2011, belajarsastra.com>home, westbatavia.blogspot.com, setsukomizuka.blogspot.com/2015,sites.geogle.com/document/d/1B4Y10el, www.davishave.com, makalahproposal.blogspot.com




Komentar

  1. bagus makalahnya...makalah sangat bermanfaat.... katanya sih, kalau kita terbiasa mengerjakan tugas makalah, pas nanti kalau sudah di dunia kerja atau ketika mengajukan surat lamaran kerja, kita lebih terbiasa.
    so makasih infonya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK DI INDONESIA

Pengertian pendidikan formal dan informal